Rabu, 24 Juli 2013

ALAT-ALAT MUSIK MODERN

A. GITAR

Gitar adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagiandari logam / Metal dan terdapat 6 tali / senar untuk dimainkan. Bagian atasdan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terikat pada Pegs ataupemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar digunakan untuk Tuning.

Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetik senarnya, orang oranglangsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta anda bisa bermain gitaruntuk bernyanyi dan berdansa. Disaat sendiri suara yang dihasilkan bagaisebuah Orchestra kecil.

Suara gitar mempunyai sifat romantis. Oleh karenanya, lagu “Romansa” paling cocok bila dibawakan dengan gitar. Selain gitar-gitar tradisional, maka adabeberapa jenis gitar lainnya. Misalnya gitar Hawaiian yang menggunakansistim slide; kemudian ada gitar yang menggunakan dawai nylon (gitar klasik dan gitar folk), serta ada pula yang menggunakan dawai logam (steel guitar).

B. PIANO

Asal mula kata piano sebenarnya adalah pianoforte, yang berasal dari bahasaItalia. Piano dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Awal mulapiano diciptakan, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengar padaabad 20-an. Pasalnya, tegangan tuts piano kala itu tidaklah sekuat piano yang sekarang.Kini, piano pertama tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di NewYork. Seperti pada banyak penemuan yang lainnya, piano ditemukanberdasarkan penemuan teknologi. Asal muasalnya, piano dikembangkan darialat musik kecapi. Perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik.Sedangkan piano ditekan tuts-tutsnya.

Secara umum, piano termasuk ke dalam kelompok musik instrumental. Pianomemproduksi suara dari getaran papan suara yang volumenya dapat diperkuat (dapat diatur besar kecilnya).

Secara luas, piano di dalam musik dapat menjadi performa pada nyanyiantunggal dan sebagai pengantar nyanyian solo. Dalam artian, piano dapat hidupdan mengiringi penyanyi tanpa bantuan atau iringan alat musik lain. Suarayang dihasilkan piano sudah dapat mewakili alat musik lainnya. Meskipundemikian, piano akan lebih berarti lagi didengar dengan bantuan alat musik lain. Yang perlu ditekankan di sini, piano dapat mengalun indah tanpabantuan alat musik lain. Tidak sama halnya dengan alat musik lain, yangkurang enak didengar tanpa dilengkapi piano. Banyak musik-musik instrumenyang bersinar karena andil dari piano.

C. DRUM

Drum sebenarnya bermacam-macam. Ada Snare, Tom-tom, bass, conga,tymbal, mondo, bedug, tabla…..dll. Mereka sebenarnya adalah drum, karena memainkannya dengan cara dipukul. Tetapi yang kita bahas adalah DRUMSET,yang bisa dibilang bentuk drum paling modern. Drumset itu sendiri sebenarnyaterdiri atas 3 drum, yaitu Snare, Tom-tom dan Bass drum. Untuk Tom-tommasih dapat dibagi dua lagi, yaitu : Mounted tom dan floor tom-tom(tergantung dari peletakan dan diameter saja). Dari ke tiga unsur tersebutmasih ada beberapa unsur penting lagi, yaitu cymbal, hardware, (pedal, hihatstand, cymbal stand, snare stand, tom holder/tom stand) dan drumhead.

D. GITAR BASS

bass,sering kita dengar bahkan pernah memainkan alat musik seperti ini. bassdalam suatu insturmen musik adalah yang sangat penting kedudukanya. basssangat berpengeruh dalam bagus tidaknya suatu aransement musik.dalamartian bass disinisangat fenting manfaatnya. mungin dalam bentuk bass disinisangat tidak memiliki model pariasi yang bagus tetapi kdeudukanya sangatfenting dalam suatu instrumen musik. bass disini juga suaranya kita ketahuitidak sebagus dari suara gitar yang dibunyikan dengan alunan distorsi, tetapibass ini dalam alunan musik rock sangat berkreasi seperi pada saat orangmemainkanya dengan bentuk slapp bass, dan kita tahu bahwa suara yangdikeluarkan sangat beranekaragam apabila kita pintar memainkanya.

bass disini juga dapat menghasilkan suara yang bermacam macam bila kitamenggunakan effec suara seperti yang ada pada guitar.bass disini banyakdiminati bagi kalangan remaja , lebih lebih yang kita ketahui sekarang ini .anakplajar yang sering hobi neband. kita tahu bahwa aliran musik yang banyakditawarkan olah anak anak remaja sekarang ini banyak yang mengambil aliranmsuik rock yang kita kenal memilki daya suara bass yang populer untuksekarang ini. bass yang populer disini kita ketahui yaitu bassis indonesia bondanprakoso, thomas(gigi) dan bahkan sampai musik mancanegara yaitu bassisRCHP. kita kenal mereka memiliki daya permainan yang luar biasa sehinggamenimbulkan suara yang bagus,dan esak didengar.

E. BIOLA

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan caradigesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbedasatu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang palingrendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola dancello, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yanglainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertasmusik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis padakunci G

Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biolaseringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagutradisional

F. OBO

Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalahketurunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancishautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masihdisebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yangmemainkan obo disebut obois.

Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, obo miliki suarayang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalamansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudahdidengar ketika tuning. Orkestra biasanya melakukan tuning denganmendengarkan suara obo memainkan A concert (biasanya A440, tapiterkadang lebih tinggi). Obo di-pitch di C concert.

G. SAKSOFON

Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluargabrasswind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkanmenggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakanciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkandengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnyaditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluargabrasswind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkanmenggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakanciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkandengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnyaditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.Pada saat ini terdapat berbagai macam merk saksofon yang beredar di pasaran seperti; Selmer, Conn, Yamaha, Yanagisawa, L.A.Sax,Jupiter, Lincoln, La Fleur, Weril, Lark dan Subaru.

Pemain saksofon disebut saksofonis.

H. FLUTE

Flute adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Flutemodern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasikeduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak,atau logam yang dilapisi perak.

Flute concert standar di-pitch di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktafdimulai dari middle C. Akan tetapi, pada beberapa flute untuk profesional adakey tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Ini berarti flutemerupakan salah satu instrumen orkestra yang tinggi, hanya piccolo yang lebihtinggi lagi dari flute. Piccolo adalah flute kecil yang di-pitch satu oktaf lebihtinggi dari flute concert standar. Piccolo juga umumnya digunakan dalamorkestra.

Flute concert modern memiliki banyak pilihan. Thumb key B-flat (diciptakandan dirintis oleh Briccialdi) standar. B foot joint, akan tetapi, adalah pilihanekstra untuk model menengah ke atas dan profesional.

Open-holed flute, juga biasa disebut French Flute (di mana beberapa keymemiliki lubang di tengahnya sehingga pemain harus menutupnya denganjarinya) umum pada pemain tingkat konser. Namun beberapa pemain flute(terutama student, dan bahkan beberapa pemain profesional) memilih closed-hole "plateau" key. Student umumnya menggunakan penutup sementarauntuk menutup lubang tersebut sampai mereka berhasil menguasaipenempatan jari yang sangat tepat.

Beberapa orang mempercayai bahwa open-hole key mampu menghasilkanproyeksi suara yang lebih keras dan lebih jelas pada nada-nada rendah.

Concert flute disebut juga Boehm flute, atau flute saja.

I. HARMONIKA

Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanyatinggal meniup dan menghisapnya, maka harmonika akan mengeluarkan suarayang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yangbernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejakkekaisaran Nyu-kwa.

Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian FriedrichBuschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-platgetar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurangbaik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadilebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yangmerupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Pada tahun 1826 iamengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhirnya,nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakannada standard harmonika.

Bisnis instrumen Harmonika dimulai pada tahun 1857 saat pengrajin jam Jermanbernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika.Dengan bantuan dari keluarganya, ia dapat memproduksi 650 harmonika tahunitu. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuahlangkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu utnukharmonika. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonikaper tahunnya. Sekarang, Hohner telah memproduksi lebih dari 90 modelharmonika yang berbeda jenis, nada, dan model. Yang memungkinkan untukmemainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop, blues, rock, country,ska dan bermacam-macam lainnya.

J. TEROMPET

Terompet adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajarantertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn,dan Bariton. Terompet di-pitch di Bb.Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harusmenyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

Jenis terompetyang paling umum adalah trompet Bb, tapi trompet C, D, Eb, E,F, G dan A juga dapat ditemukan. Trompet C paling umum dipakaidalam orkestra Amerika, dengan bentuknya yang lebih kecilmemberikan suara yang lebih cerah, dan hidup dibandingkan dengantrompet Bb.

K. TROMBON

Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alatmusik tiup logam lainnya, suara dihasilkan denganmenggetarkan bibir.

Kata trombon diambil dari bahasa Itali tromba (terompet)dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasatulis arti trombon adalah "terompet besar". Karena memangsecara ukuran trombon lebih besar daripada terompet.Pemain trombon disebut trombonis .

1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    안성 출장샵 mapyro › harrahs-chero- › mapyro › harrahs-chero- 속초 출장안마 This casino 고양 출장안마 is close to Harrah's Cherokee Casino & Hotel, just a short drive from Harrahs Cherokee. This 계룡 출장안마 casino is near the airport and 광명 출장샵 a short

    BalasHapus